Selasa, 30 November 2010

Peranan Bakteri

Bakteri Menguntungkan: 
Bakteri Pengurai
Bakteri saprofit berperan sebagai pengurai bagi tumbuhan dan hewan, sisa-sisa atau kotoran dari suatu organisme. Protein, karbohidrat dan senyawa organik lain diuraikan menjadi CO2, gas amoniak dan senyawa sederhana. Bakteri jenis ini sangat penting dalam penguraian sampah-sampah organik.

Bakteri Nitrogen
Bakteri jenis ini mengikat nitrogen dari udara dan mengubah nitrogen tersebut menjadi senyawa yang dapat diserap oleh tumbuhan. Jenis bakteri ini sangat penting bagi ekonomi pertanian karena membuat tanah menjadi subur. Contoh dari bakteri jenis ini adalah Azotobacter chroococcum
Azotobacter chroococcum
Bakteri Fermentasi
Berikut adalah tabel yang menunjukkan bakteri-bakteri yang berperan dalam fermentasi.


Bakteri Merugikan:
Bakteri Perusak Makanan
Ada beberapa bakteri yang merugikan, salah satu jenisnya adalah bakteri yang merusak makanan. Bakteri jenis ini tumbuh di dalam makanan dan mengeluarkan hasil metabolisme yang berbahaya yaitu toksin (racun).
Bakteri Patogen
Terdapat suatu jenis bakteri yang dapat menyebabkan penyakit bagi manusia, hewan maupun tumbuhan. Beberapa bakteri yang merugikan manusia adalah Mycobacterium tuberculosis dan Treponema pallidum. Bakteri yang merugikan hewan antara lain Bacillus anthracis, penyebab penyakit Anthrax.
(kiri) contoh bakteri Anthrax yang menyerang paru-paru
sumber: wikipedia

1 komentar:

  1. Rionald TImotius: Jadi eubacteria dan archaebacteria adalah sejenis bakteri. Disni saya diajarkan tentang ciri-ciri mereka ini. Saya dapat memperdalam tentang semua ini. Saya dapat mengetahui dampak dari mereka ini. Saya juga mengetahui efek baik dan buruk bagi masnusia. Yeng menguntungkan adalah seperti berguna daloam proses pembuatan makanan.

    BalasHapus